Harga Pertamax Makin Mahal, Ini Cara Mengendarai Mobil Matik Agar Hemat BBM

Transmisi automatic xenia

Harga Pertamax Semakin Mahal, Ini Cara Agar Mobil Matik Anda Hemat BBM

Jakarta – PT. Pertamina (Persero) terakhir kali menaikkan harga Bahan Bakar (BBM) jenis Pertamax dan Pertamax Turbo pada Juli 2018. Selang dua bulan lebih Pertamina kembali menaikkan harga jual Pertamax  menjadi Rp10.400 per liter atau naik sekitar Rp900 (harga Jakarta).

Kenaikan harga BBM jenis Pertamax, dan Pertamax Turbo, disebabkan oleh harga minyak mentah dunia yang terus merangkak naik. Kondisi saat ini harga minyak dunia rata-rata Diangka 80 dolar per barel.

Harga BBM khususnya non subsidi tidak bisa di prediksi kapan naik dan kapan turun. Sebagai bentuk antisipasi semakin mahalnya harga jual Pertamax, dan Pertamax Turbo maka mulai dari sekarang biasakan mengemudi hemat BBM.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat penggunaan BBM pada kendaraan terutama mobil bertransmisi otomatis. Dimana selama ini di cap lebih boros ketimbang mobil bertransmisi manual.

Cara yang bisa dilakukan oleh pengemudi mobil bertransmisi otomatis, yaitu dengan mengubah gaya berkendara. Berikut ini teknik dan gaya berkendara yang baik untuk menghemat BBM sebagaimana dilansir dari Daihatsumurah.id :

1. Jaga Momentum Pergerakan Kendaraan

Di dalam ilmu fisika ada isilah tubuh yang bergerak akan terus bergerak. Jadi gunakan tenaga mesin mobil seperlunya, maka itu akan menghemat penggunaan BBM. Disarankan supaya jangan terlau sering menggunakan rem kecuali bila diperlukan. Jika pengemudi selalu menggunakan rem menyebabkan mesin terlalu berat untuk berakselerasi di awal sehingga menyedot banyak BBM.

Mengemudilah secara perlahan dan menginjak pedal gas secara konsisten akan membuat kendaraan terus melaju.

2. Jangan Biarkan Kaki Selalu Ada di Atas pedal Rem

Jangan meletakkan kaki di atas pedal rem. Seringan apapun kaki Anda di pedal rem dapat membuat kaki cepat beraksi untuk menginjaknya.

3. Selalu Periksa Tekanan Ban Mobil

Ban merupakan komponen paling bawah dari mobil. Fungsi ban bukan hanya sebagai penopang tubuh mobil tapi bisa juga sebagai tolak ukur penghemat BBM. Sangat disarankan untuk pengemudi mobil matik supaya selalu melakukan pemeriksaan tekenan angin pada ban. Setiap pabrikan otomotif telah menentukan angka tekanan mobil di buku manual kendaraan.

Ban yang terlalu kempes bisa membuat konsumsi bahan bakar meningkat, karena mesin bekerja lebih berat.

4. Hindari Mengemudi Secara Ugal-ugalan

Mengemudi secara ugal-ugalan dapat membuat konsumsi BBM mobil boros. Sebab pengemudi akan sering menginjak pedal gas dan rem.

5. Membeli Bensin Saat Pagi atau Malam Hari

Sangat di sarankan untuk membeli BBM di SPBU pada waktu pagi atau malam hari. Karena jika membeli BBM pada saat cuaca panas dan terik dapat mempercepat BBM memui dan menguap ditambah lahi kondisi mesin yang hangat.

6. Jangan Terlalu Lama Memanaskan Mesin

Sebelum menjalankan mobil, sebaiknya Anda memanaskan mesin terlebih dulu. Saat ini teknologi mesin sudah berkembang, sehingga mesin tidak membutuhkan waktu lama untuk mencapai temperatur kerja. Memanaskan mesin terlalu lama hanya memboroskan bahan bakar dan menghasilkan emisi yang besar.